Terbentur Biaya Kuliah, 5 Cara Ini Bisa Membantu Kamu Tetap Sekolah Setinggi Mungkin

Kamu mendambakan kuliah setinggi mungkin demi mengubah nasib tetapi tidak ada uang untuk mewujudkannya?

Jangan patah semangat dulu ya. Kamu gak sendirian, banyak kok yang merasa seperti itu.

Demi meraih kesuksesan memang gak mudah, salah satunya bisa kuliah di universitas ternama.

Jika orang tua kamu tidak sanggup membiayai kuliah di kampus tersebut, yuk kamu cari solusi dengan cara ini.

1. Student loans

Student loans (Ilustrasi).

Student loans merupakan bantuan biaya kuliah dari lembaga atau institusi tertentu berupa pinjaman. Singkatnya begini, kamu ingin kuliah tapi gak ada biaya, kamu bisa cari pinjaman ke lembaga yang menawarkan student loans tersebut.

Jika sudah lulus dan mendapatkan pekerjaan, baru lah kamu melunasi pinjaman tersebut dalam jangka waktu yang telah ditetapkan.

Syarat dan ketentuannya pun beragam. Mulai dari pinjaman tanpa bunga, pinjaman berbunga, hingga crowdfunding. Kamu bisa cek ke situs Dana Didik yang digagas oleh Yayasan Sampoerna Foundation.

Ada juga perguruan tinggi yang saat ini semakin banyak membuka student loans diantaranya, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Sekolah Bisnis Prasetya Mulya, Universitas Bina Nusantara, Universitas Pelita Harapan, Universitas Atma Jaya, Universitas Trisakti, Universitas Al Azhar Indonesia, Universitas Bunda Mulia dan Sekolah Bisnis Institut Pengembangan Manajemen Indonesia.

Kamu bisa langsung mendatangi kampus-kampus tersebut untuk meminta penjelasannya.

2. Beasiswa

Beasiswa (Ilustrasi).

Beasiswa adalah program bantuan pendidikan yang umum ditemui. Beasiswa tidak seperti student loans, yang artinya kamu gak wajib melunasi pinjaman biaya kuliahmu tersebut. Tetapi tentu syarat dan ketentuannya pun berbeda. Kamu bisa cari universitas yang diinginkan, buka situs nya dan cari informasi mengenai beasiswa tersebut.

Bisa juga kamu mencoba Beasiswa Bidik Misi. Beasiswa ini salah satu persyaratannya adalah memiliki nilai baik di setiap mata pelajaran Sekolah Menengah Atas. Selain itu ada juga beasiswa yang bisa dilamar ketika kamu sudah menjadi mahasiswa. Salah satunya adalah Beswan Djarum, Tanoto, PPA dan sebagainya.

3. Kerja sambil kuliah

Kerja sambil kuliah (Ilustrasi).

Di beberapa Universitas Swasta, saat ini program kelas karyawan sudah mulai marak. Kamu bisa bekerja di pagi hari, dan kuliah pada malam harinya. Jam kuliahnya pun fleksibel, kalau kamu enggan kuliah malam hari dikarenakan lelah bekerja, kamu bisa ambil kelas sabtu-minggu dari pagi hingga sore.

Untuk biayanya pun bisa dikondisikan antara mahasiswa dan pihak kampus. Biasanya mahasiswa kelas karyawan mendapat perlakukan berbeda dari administrasi kampus. Jika keuangan kamu tidak cukup untuk membayar semesteran, kamu akan diberikan waktu untuk melunasinya. Asalkan koordinasi kamu dan pihak kampus berjalan dengan lancar.

Beberapa kampus yang punya jam malam atau kelas karyawan adalah Universitas Mercu Buana, Universitas Nasional, Universitas Widyatama Bandung, Universitas Trilogi, Institut Bisnis Nusantara dan lainnya.

4. Freelance

Freelance (Ilustrasi).

Namanya juga freelance, pekerja lepas, yang artinya kamu bisa bekerja darimana saja kan? Freelance yang bisa kamu jalani pun beragam. Mulai dari fotografer acara wisuda, fotografer buku tahunan SMA, atau penulis bahkan desain grafis juga sedang ramai dicari.

Kamu bisa bekerja pagi, siang, atau malam disesuaikan dengan jam kuliahmu. Jangan sampai keduanya berbenturan. Kamu bisa mendapatkan infonya dari situs Sribulancer.com dan Freelancer.com.

5. Wirausaha sambil kuliah

Bekerja sambil kuliah (ilustrasi).

Jangan pernah merasa malu untuk berdagang selama yang kamu jual adalah halal. Ini semua juga demi kelangsungan hidup kamu ke depannya. Banyak kok jenis usaha yang bisa kamu tawarkan sambil kuliah.

Kamu bisa tawarkan aksesoris kepala, anting-anting atau kalung buatanmu sendiri. Bisa juga pakaian, alat tulis unik, pulsa, hijab, sampai makanan. Semua hal itu lumrah untuk kamu jual di sela-sela kekosongan jam kuliah. Bisa juga kamu titip camilan buatan ibumu ke kantin kampus. Banyak peluang kok.

Banyak jalan menuju Roma, begitulah kira-kira pepatah yang bisa membuat kamu semangat meraih impian. Jangan karena gak punya biaya, masa depanmu suram begitu saja.

Jika kamu memiliki tekad yang kuat, semangat yang tinggi untuk belajar, dan gak malu mencari uang di usia muda, lambat laun kesuksesan pun akan menghampiri.

Tetap semangat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Belum ada Komentar untuk "Terbentur Biaya Kuliah, 5 Cara Ini Bisa Membantu Kamu Tetap Sekolah Setinggi Mungkin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel