Gak Pengin Bangkrut Selama Liburan, Yuk Hindari 5 Hal Receh Ini

Liburan selalu ampuh mengembalikan mood seseorang. Kata-kata butuh piknik mendadak populer beberapa waktu belakangan ini karena para pekerja yang hampir menghabiskan waktu selama setahun tanpa liburan.

Liburan juga dianggap sebagai solusi melepaskan kepenatan, stres, juga bisa mendatangkan inspirasi. Banyak dari mereka yang kembali produktif setelah pulang berlibur selama beberapa hari.

Tetapi, banyak juga orang enggan liburan tanpa perencanaan keuangan yang matang. Pasalnya, mereka ogah bangkrut seketika selepas pulang berlibur. Ini sudah seringkali dialami oleh banyak orang, dan ujung-ujungnya menimbulkan utang. Gak pengin seperti itu kan?

Biasanya ada beberapa hal sepele yang bikin kamu boros selama liburan dan menimbulkan tumpukan utang kartu kredit setelahnya. Apa aja sih, simak yuk artikel berikut ini.

1. Liburan mendadak tanpa perencanaan matang

Liburan

Banyak yang mengatakan kalau liburan yang terlalu direncanakan justru gak bakalan terlaksana. Kalau persiapannya singkat dengan niat yang mendadak muncul begitu saja, peluang merealisasikan liburan tersebut semakin besar.

Tapi anggapan tersebut gak selamanya benar lho. Hal itu justru berpotensi menimbulkan utang setelah liburan. Gimana enggak, tanpa ada perencanaan, kamu pergi liburan. Sampai di tempat liburan, karena gak ada itinerary yang jelas kamu akhirnya berkunjung ke sembarang tempat. Belum lagi kamu akan dihadapkan pada kondisi yang serba blind.

Gak tahu bakal ada kejadian tak terduga apa yang membuat kamu membeli sesuatu karena gak dipersiapkan dari awal. Belum lagi soal penginapan, informasi akses atau akomodasi kendaraan yang gak kamu pikirin sebelumnya. Itu yang bikin kamu boros selama liburan disana.

2. Punya anggapan “kapan lagi”

Belanja saat liburan (Ilustrasi).

Duh buang jauh-jauh deh anggapan “mumpung lagi disini” atau “kapan lagi coba” karena hal itu bikin kamu dengan mudah mengeluarkan uang untuk membeli barang-barang yang sebetulnya gak diperlukan.

Hal itu yang bikin pengeluaran selama liburan benar-benar over bujet. Ujungnya kamu akan berutang ketika liburan itu usai. Bukan happy, kamu malah pusing mikirin cicilan kan?

3. Pergi saat musim liburan

Berlibur saat peak season tidak disarankan (Seoul).

Jangan bepergian saat musim liburan tiba. Karena semua akomodasi akan mahal, tiket, penginapan maupun tempat wisata naik berkali kali lipat. Lebih baik kamu rencanakan liburan dengan baik, tentukan lokasi yang akan dituju, cari harga tiket serta penginapan di saat low season.

4. Terlalu berlebihan menggunakan uang elektronik

sistem uang elektronik
Uang elektronik

Sebetulnya gak ada salahnya pergi berlibur dengan menggunakan kartu kredit atau debit. Asalkan lokasi wisata yang dituju jelas dan kamu bepergian dalam waktu cukup lama. Tapi kalau hanya melakukan perjalanan maksimal 4 hari, lebih baik kamu membawa uang tunai.

Keuntungannya, kamu bisa mengontrol segala pengeluaran selama liburan tersebut. Kalau menggunakan kartu kredit atau debit, kamu gak tahu pasti berapa uang yang telah dihabiskan.

5. Gak bawa bekal

Bekal makanan

Kalau kamu ingin pelesiran ke luar negeri, gak ada salahnya membawa bekal makanan kering dari rumah.

Terlihat sepele, tapi tanpa disadari untuk urusan makan, banyak traveller yang mengeluhkan mereka jadi boros dengan membeli apa saja saat lapar.

Terlebih ketika kamu berada di bandara atau stasiun. Harga yang ditawarkan jauh lebih mahal dari warung makan pinggir jalan.

Kamu bisa bawa abon kering, mie instan, atau makanan tahan lama lainnya. Bisa juga membawa roti dan air mineral selama kamu menuju tempat tujuan.

Nah, kelima hal tadi merupakan hal yang seringkali membuat pelancong mengeluarkan anggaran besar selama liburan. Gak sedikit juga orang yang akhirnya memiliki utang setelah pulang berlibur.

Kalau kamu gak pengin merasakan hal demikian, ada baiknya siapkan dana khusus untuk liburan selama enam bulan. Kamu juga siapkan itinerary yang tepat, banyak-banyak mencari informasi lokasi yang akan dituju, bagaimana tetap hemat meski berada jauh dari rumah. Jangan lupa ajukan cuti dari jauh-jauh hari ya.

Selamat berlibur! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Belum ada Komentar untuk "Gak Pengin Bangkrut Selama Liburan, Yuk Hindari 5 Hal Receh Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel