Jangan Percaya 4 Mitos Ini Kalau Mau Bebas dari Masalah Keuangan

Banyak orang yang tanpa sadar percaya dan bahkan mempraktekkan mitos keuangan yang bikin mereka terjerumus ke masalah keuangan. Alhasil, gak sedikit yang jadi stres dibuatnya.

Sebenarnya, niatnya sih baik, yakni ingin mengelola keuangan dengan benar agar mencapai financial freedom alias kemerdekaan atau kebebasan finansial.



Ya, lagian siapa juga sih yang gak ingin “merdeka” dalam segi finansial, gak pusing besok mau beli makan pakai apa, gak perlu mikirin gimana bayar cicilan kendaraan dan berbagai masalah keuangan lainnya.

Saat mencapai kebebasan finansial, kamu hanya tinggal menikmati hidup dan melakukan hal yang kamu senangi. Ya, karena duitmu akan terus mengalir ke rekening bahkan saat kamu tidur.
Pasti banyak yang penasaran, gimana caranya tidur tapi tetap dapat duit. Caranya ya apalagi kalau bukan investasi dan bisnis.

Contohnya aja bos raksasa e-commerce Amazon Jeff Bezos yang uangnya terus bertambah berkat bisnis yang ia jalankan. Per detiknya, Bezos diprediksi mendapat uang sekitar US$ 2.950 atau setara Rp 42,5 juta. Luar biasa banget kan?

Untuk mencapai hal tersebut, banyak orang yang mengadopsi cara pandang yang salah tentang keuangan. Bahkan, banyak cara pandang tersebut yang sebenarnya hanya mitos dan dapat menyesatkan.

Parahnya lagi, berbagai mitos keuangan itu gak cuma bikin persepsi kamu salah dalam mengelola uang, tapi juga bisa menjauhkan kamu dari kesuksesan dan mencapai kebebasan finansial.

Karena itu, penting bagimu untuk tahu apa aja mitos keuangan yang justru menjerumuskan kamu ke masalah keuangan. Apa aja itu? Berikut ini empat di antaranya.

1. Dengan uang, hidup akan lebih bahagia


Memang banyak hal yang bisa dibeli dengan uang. Kamu juga kerja mati-matian setiap hari untuk mendapatkan uang kan? Karena itulah, gak heran kalau banyak orang yang mengejar uang untuk membuat mereka bahagia.

Tapi tahukah kamu, untuk mendapatkan kebahagiaan sejati, bukan hanya uang yang dibutuhkan.
Contohnya aja kebahagiaan karena dicintai oleh keluarga merupakan sesuatu yang gak bisa dibeli dengan uang. Kasih sayang gak pernah bisa digantikan dengan apapun, termasuk uang.

Mungkin banyak di antara kamu yang bertanya-tanya, kenapa banyak sekali orang terkenal dan kaya raya tapi hidupnya justru berakhir dengan bunuh diri. Nah, itu adalah salah satu bukti kalau kekayaan itu gak selalu membuat kita bahagia.

Karena itu, uang bukanlah tujuan akhir dari orang-orang sukses. Pasalnya, mengejar kekayaan itu gak akan pernah ada habisnya.

2. Punya banyak uang menjauhkan diri dari utang dan masalah keuangan


Siapa bilang punya banyak uang bikin kita jauh dari utang? Buat sebagian orang, besaran utang biasanya cenderung sejalan dengan bertambahnya jumlah pendapatan. Demikian juga kebutuhan hidup kita akab bertambah, sejalan dengan peningkatan penghasilan kita.

Semakin besar penghasilan kita, biasanya semakin besar pula gaya hidup kita. Cara hidup seperti inilah yang harus diubah, terutama dalam hal berutang. Jangan karena makin besar penghasilan kita, makin besar juga keinginan kita untuk meningkatkan jumlah utang.

Yang terpenting itu adalah bagaimana cara mengelola utang tersebut. Bedakan antara utang produktif yang menghasilkan income tambahan dengan utang konsumtif yang dapat menggerogoti tabungan dan kekayaanmu.

3. Uang dapat ‘membeli’ teman


Pernah gak sih kamu mengalami, saat jaya banyak teman yang mendekat tapi saat jatuh banyak juga yang menjauh. Ya, artinya semakin banyak harta, maka jangan kaget kalau akan makin banyak teman yang mendekat.

Ketika sudah jadi orang sukses dan berlimpah harta, pasti kamu bakal semakin mudah mendapatkan “teman”. Tapi hati-hati, justru kondisi ini bisa jadi bumerang.

Pasalnya, teman sejati itu adalah mereka yang dapat menerima kamu apapun kondisimu. Ibaratnya, mereka akan selalu ada di saat suka maupun duka, seperti saat kamu mengalami masalah keuangan

4. Punya uang banyak gak perlu bekerja


Tahukah kamu kalau gak selamanya orang yang bekerja hanya mencari uang. Pasalnya, gak sedikit orang yang bekerja untuk mencari ilmu, pengalaman dan mendapatkan makna hidup dari pekerjaan yang mereka lakukan. Jadi, bisa dibilang ada kepuasan tersendiri dari yang mereka kejar selain uang.
Banyak lho orang yang sudah kaya dan yang seharusnya sudah pensiun, tetapi masih ingin bekerja karena merasa masih produktif. Banyak juga yang tetap berbisnis karena ingin terus melakukan hal yang mereka sukai walaupun sudah tua.

Lihat aja Jeff Bezos yang masih kerja hingga sekarang padahal sudah menjadi orang terkaya nomor 1 di dunia.

Jadi, ubah pola pikirmu soal bekerja. Selain untuk mencari uang, jadikan pekerjaan sebagai jalan untuk mencari makna dalam hidup.

Nah, itu dia empat mitos keuangan yang nyatanya dapat menjauhkan kamu dari kebebasan finansial. Karena itu, sebaiknya hindarilah mindset tersebut dan terus melakukan hal yang positif untuk meraih kesuksesan sekaligus terhindar dari masalah keuangan.

Belum ada Komentar untuk "Jangan Percaya 4 Mitos Ini Kalau Mau Bebas dari Masalah Keuangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel