Mau Hidup Sehat Tanpa Kuras Bujet? Ini 5 Rahasianya

Bisa hidup sehat, dan memiliki bentuk badan ideal tentu impian semua orang, termasuk kamu yang punya aktivitas padat. Itu gak sulit untuk kamu wujudkan kok, dan “murah” dalam artian gak butuh biaya besar.

Biaya besar biasanya identik dengan pembelian suplemen olahraga dan kesehatan yang mahal. Namun, apakah itu memang perlu?

Gak sedikit juga kan orang-orang yang bilang kalau memang kamu sibuk susah istirahat dan mau sehat, maka kamu butuh rajin-rajin minum vitamin. Intinya biar sehat terus dan bisa cari nafkah dengan maksimal.

Terkait soal gaya hidup sehat, MoneySmart baru-baru ini mewawancarai pendiri Muscledome Gym Bintaro, Dani Kristanto. Pria yang seringkali tampil di ajang binaraga sebagai juri ini, punya banyak rahasia soal gimana caranya bisa punya badan sehat dan atletis tanpa keluar modal besar.

Sejatinya, suplemen itu sifatnya tambahan ya. Artinya, suplemen bukan yang utama. Penasaran dengan cara yang dimaksud? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Luangkan waktu dulu untuk olahraga

Luangkan waktu berolahraga (Pixabay)
Luangkan waktu berolahraga (Pixabay)

“Masukan saya yang pertama adalah, luangkan waktu dulu untuk melakukan olahraga. Ketika bicara suplemen, itu nomor dua,” ucap Dani.

Mengapa begitu?

Dani memberikan paparan, gak sedikit tentunya yang sering bilang kalau gak pernah waktu yang cukup untuk berolahraga dalam satu hari. Hayo, jangan-jangan kamu juga sering menyatakan alasan itu ketika diajak olahraga.

“Sebut saja, seorang ibu rumah tangga selalu bilang kalau tiap hari sibuk jemput anaknya tiap hari. Sementara itu mereka yang bekerja sebagai karyawan selalu bilang kalau dari pagi mereka sudah sibuk, dan lain sebagainya. Padahal olahraga itu gak perlu waktu tiga jam atau empat jam, setengah jam (30 menit) juga sebenarnya sudah cukup,” tandas Dani.

Nah lho, ternyata gak perlu lama-lama ya berolahraga. Kok bisa? Perasaan kalau  di gym bukannya lama ya? Palingan kamu banyak ngobrolnya daripada olahraganya.

Dani juga menambahkan, jika kamu menganggap suatu hal itu sebagai prioritas, maka kamu bakal rela kok ngeluangin waktu. Coba deh prioritasin dirimu untuk bergaya hidup sehat, pasti kamu bakal ada waktu buat olahraga.

2. Gak perlu ngerokok, gak ada gunanya

Jangan merokok karena gak ada gunanya (Pixabay)
Jangan merokok karena gak ada gunanya (Pixabay)

Rokok memang jadi kebiasaan jelek yang mengganggu pola hidup sehat kita. Bu Susi Pudjiastuti saja mengakui bahwa walaupun dia sukses, pintar, dan kaya raya, merokok adalah kebiasaan gak sehat yang sering dia lakukan.

Untuk bisa hidup sehat dengan maksimal, Dani pun mengatakan bahwa kebiasaan itu “harus ditinggalkan.” Harus ditinggalkan lho ya bukan “dikurangi.” Ketika mindsetmu cuma mengurangi rokok, maka sampai kapanpun bakal susah untukmu untuk meninggalkan rokok.

“Jangan merokok, jangan minum alkohol, dan tinggalkan kebiasaan gak sehat lainnya,” ujar Dani.

Kalau dipikir-pikir, ada juga sih atlet yang merokok. Bahkan praktisi binaraga yang ngerokok pun ada, dan memang rokok gak bakal ngefek sama yang namanya bentuk tubuh.

Meski demikian, Dani mengingatkan kembali bahwa kinerja jantung bisa terganggu akibat rokok. Alhasil, ke depannya kamu gak bakalan bisa punya jantung yang sehat dan bisa bekerja dengan optimal.

Di samping itu, MoneySmart juga pernah mengingatkan juga bahwa rokok itu bisa membuatmu bokek. Satu bungkus saja harganya Rp 25 ribuan, kalau sehari habis sebungkus ya seminggu kamu harus mengeluarkan Rp 175 ribu. Dan dalam sebulan, artinya kamu menghabiskan Rp 600 ribu untuk barang yang bisa merusak kesehatanmu.

Udahlah ini saat yang tepat buat berhenti ngerokok. Obama saja bisa kok berhenti ngerokok, masa kamu enggak.

3. Pahami apa yang kamu makan itu ada “racunnya”

Apa yang kamu makan ada racunnya (Pixabay)
Apa yang kamu makan ada racunnya (Pixabay)

Apakah makanan yang setiap hari kamu makan itu sehat? Mungkin kamu sudah makan daging ayam gak digoreng, daging sapi tanpa lemak, sayur mayur dan sebagainya. Tapi apakah itu emang benar-benar sehat?

“Semua makanan itu, sebenarnya ada gak sehatnya,” ucap Dani.

Nah lho, berarti apa kabar yang kamu makan ya? Apakah itu sehat atau malah sebaliknya?

Begini maksudnya, pengawet-pengawet itu kerap dipakai di makanan sementara itu pengawet tentu bukan zat yang sehat dong. Jelas saja, makanan yang gak bertahan lama bisa tahan lama gara-gara ada pengawet. Selain itu, ada pula bahan pewarna di sambal dan sebagainya.

Sementara itu sayur, identik dengan penggunaan zat pestisida. Pestisida juga racun juga tentunya.

Dan ayam, gak sedikit juga daging-daging ayam yang dijual di pasaran berasal dari ayam yang sudah disuntik hormon. Apakah zat itu sehat? Gak juga tentunya. Hal yang serupa pun sama dengan sapi.

Lantas gimana dengan ikan yang kaya akan protein dan omega 3? Ikan juga sudah kena limbah kapal-kapal di laut.

“Itulah yang menyebabkan bahwa badan kita ini sudah menampung racun dalam jumlah yang luar biasa besar. Sekarang, gimana caranya bagi kita untuk menciptakan tubuh kita jadi tanah yang tandus agar racun-racun itu gak berkembang?” ucap Dani.

Apalagi caranya kalau bukan olahraga. Olahraga agar upaya hidup sehat kamu bisa terealisasi begitu saja.

4. Ketahui mitos dan fakta soal istirahat

Mitos dan fakta soal istirahat (Pixabay)
Mitos dan fakta soal istirahat (Pixabay)

Mau hidup sehat? Olahraga, makan sehat saja gak bakal cukup. Istirahat juga penting untuk diperhatikan.

Selama ini, tentu kamu pernah dengar bahwa istirahat yang ideal adalah delapan jam. Sedangkan gak sedikit orang-orang sukses di dunia ini yang jam tidurnya gak bisa sampai delapan jam sehari.

Dani menjelaskan, ada mitos dan fakta soal istirahat yang ideal. Dan terkadang, pemahaman yang salah juga bisa menghantui seseorang yang ingin bisa hidup sehat.

“Minimal lima jam saja, tapi kalau pulas itu sudah cukup buat kita. Jadi, untuk keesokan harinya badan kita sudah segar kembali,” ujar Dani.

Lantas gimana kalau memang malamnya benar-benar susah tidur? Alias di bawah lima jam dan esok harinya benar-benar lemas gak bertenaga. Jangankan mau olahraga, mau kerja pun mager-mageran dan ngantuk-ngantukan?

“Kalau memang kenyataannya seperti itu, paksakan saja untuk tidur di siang hari. Colong-colong tidur setengah atau satu jam juga bisa,“ tambahnya.

Hal ini tentu bisa kamu lakukan jika memang kamu kerja kantoran. Manfaatkan saja jam makan siang untuk bisa tidur sebentar di meja kerja atau di spot-spot yang memang bisa dipakai untuk tidur sejenak.

5. Kalau gak ada bujet, makan sehat saja cukup

Makan sehat saja cukup (Pixabay)
Makan sehat saja cukup (Pixabay)

Dani gak memungkiri bahwa suplemen memang sangat membantu kita untuk menjaga kesehatan, punya tubuh atletis, dan bisa hidup sehat dengan maksimal. Bayangin aja, gak selamanya kita bisa dapat protein dengan mudah dan praktis.

“Dengan meminum whey protein, sudah pasti itu praktis dan protein yang bisa didapat juga tinggi. Tapi kembali lagi bahwa suplemen itu bukan suatu keharusan,” tegas Dani.

Dalam artian kalau punya “bujet lebih” ya sah-sah saja beli suplemen. Tapi kalau gak ada bujet, kita masih bisa ngakalin dengan makanan sehat. Sebut saja dengan beli putih telur, dan sebagainya.

Itulah cara hidup sehat dengan hemat ala Dani Kristanto. Ternyata kunci utamanya ya cuma satu yaitu olahraga, sisanya tentu saja makan sehat dan menjauhi kebiasaan gak sehat lainnya.

Badan itu ibarat mobil lho. Setiap hari dipakai jalan-jalan untuk cari duit, tentu butuh perawatan ekstra seperti ganti oli, ban, spare part, dan tune up. Nah caranya tentu saja dengan olahraga. (Editor: Chaerunnisa)

Belum ada Komentar untuk "Mau Hidup Sehat Tanpa Kuras Bujet? Ini 5 Rahasianya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel