Ide Usaha Kreatif Apa Sih yang Masih Bisa Dilirik

Kalau bingung mau buka usaha apa, tenang, kalian gak sendirian. Buka usaha memang membutuhkan pertimbangan yang matang.

Jadi, wajar kalau timbul rasa bimbang ketika hendak memulainya. Salah satu syarat usaha bisa sukses adalah mesti kreatif.

ide usaha kreatif
Tumpahkan segala ide di kepala, gak perlu takut keliru (menggambar/Hongkiat)

Tanpa kreativitas, usaha bisa gampang dilibas.Tapi, di tahun yang baru ini, kira-kira ide usaha kreatif apa yang yang masih bisa dilirik?

Kok kayaknya semua ide kreatif sudah ludes diambil orang. Gak perlu bingung-bingung, mungkin rekomendasi usaha kreatif di bawah ini bisa dipertimbangkan:

1. Rajutan

Pada akhir 2016, sepatu rajut Adidas Yeezy begitu ngehit. Sampai-sampai banyak yang mencoba meniru alias bikin produk KW.

Mungkin kita bisa mendompleng fenomena ini. Eits, tapi bukan bikin usaha Adidas Yeezy KW, melainkan memproduksi bahan kerajinan rajutan.

ide usaha kreatif
Bikin produk KW itu bukan kreatif, tapi nyolong ide orang (Adidas Yeezy Boost original dan KW/BP)

Ada banyak lini yang bisa kita masuki dalam bisnis rajutan. Kita bisa bikin sepatu, sandal, tas, juga pernak-pernik aksesori. Pasarnya pun terhitung luas.

Gak hanya jual offline-online, kita pun bisa masuk bisnis suvenir pernikahan. Yang penting, gak masuk bisnis ilegal alias bikin produk bajakan.

2. Ampas kopi

Indonesia masuk lima besar produsen kopi di Indonesia. Kafe dan warung kopi tersebar di mana-mana. Namun pemanfaatan kopi hanya berhenti di situ.

Setelah kafe tutup pada malam hari, bersih-bersih, semua yang dianggap sampah dibuang. Termasuk ampas kopi.

Padahal ampas kopi bisa diolah jadi usaha kreatif. Caranya, menempelkan ampas itu untuk membentuk karya seni pada benda seperti piring, pigura, atau apa pun.

Kita bisa menghubungi warung atau kafe di lingkungan kita untuk mendapatkan bahan baku. Siapa tahu mereka mau memberikan gratis lantaran dipandang sebagai residu.

Kalau bisa bikin kafe sendiri, itu lebih oke. Gak pusing cari bahan baku untuk karya seni ampas kopi.

3. Batik

Selama ini, batik lekat dengan baju atasan atau kemeja formal. Juga jarik yang biasa dipakai dalam tradisi pernikahan Jawa.

Kenapa gak mencoba mengaplikasikan batik pada produk kekinian? Misalnya jaket atau jumper. Bisa juga sepatu, taplak, topi, sampai kaus kaki dan bikini. Atau mungkin pernak-pernik hiasan yang berselimut batik.

ide usaha kreatif
Sudah ada sepatu high heels batik, kapan ada bikin batik? (Sepatu batik/Qlapa)

Memang sekilas aneh, namun itulah yang menjadikannya berbeda. Toh, batik sudah diakui sebagai kekayaan dunia.

Artinya, ada peluang memasarkan produk di pasar internasional. Wong batik dari Cina saja bisa masuk ke Indonesia. Bisa juga dong cheongsam ala Negeri Tiongkok kita permak dengan motif batik khas Nusantara.

4.Gorengan

Meski terkenal kurang bersahabat dengan kesehatan, gorengan tetap jadi primadona buat warga Indonesia. Segala macam digoreng.

Yang nge-tren pada 2016 adalah tahu bulat…digoreng dadakan. Apakah usaha kreatif itu bisa dilirik? Jelas, masih bisa.

Tapi kenapa harus sama kalau bisa beda. Tahu bulat selama ini digoreng terus diberi bumbu kimia bubuk. Buat sebagian orang, makanan ini bakal dijauhi karena faktor kesehatan.

Kenapa gak kita coba bikin gorengan yang “lebih sehat”? Misalnya pakai minyak baru begitu sudah menghitam. Pajang minyak bermerek di etalase buat membuktikan, “Ini lho, minyak yang saya pakai berkualitas.”

Atau mau berspekulasi pakai minyak zaitun. Namun cara ini akan menyedot modal usaha lebih besar karena harga minyak zaitun lebih mahal.

Soal jenis gorengan, kita pun bisa memanfaatkan pandangan publik bahwa sayuran itu menyehatkan. Coba jual gorengan sayur, dari yang biasa seperti bayam dan jamur hingga yang di luar kebiasaan misalnya kubis dan kangkung.

Untuk bisa membuka dan menjalankan usaha kreatif, kadang memang diperlukan ide gila. Ide yang gak pernah terpikirkan orang sebelumnya.

Soal berhasil atau tidak, itu lain soal. Banyak faktor yang berpengaruh. Usaha kreatif itu mesti dibarengi promosi yang mumpuni.

Bahkan produk yang kualitasnya bisa saja pun bisa laris manis jika promosinya yahud lho. Mungkin masih banyak ide usaha kreatif lain di luar sana.

Sekarang tinggal kitanya. Kapan mau bergerak merintis kesuksesan. Seperti kata Bob Sadino, usaha yang baik itu adalah yang dijalankan, bukan ditanyakan terus.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Kejarlah Kesuksesan Layaknya Kamu Mengejar dan Menangkap Pokemon]

[Baca: Punya Space Nganggur Plus Uang Rp 20 Juta? Coba Buka Coffee Shop Yuk!]

[Baca: Kreatif Ciptakan Peluang Bisnis Melihat Kebutuhan atau Tren yang Lagi Happening]

Belum ada Komentar untuk "Ide Usaha Kreatif Apa Sih yang Masih Bisa Dilirik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel